Tanaman Yerba Santa

Yerba santa (Eriodictyon glutinosum dan Eriodictyon californicum) adalah semak cemara pendek yang tumbuh di daerah kering dan berbukit di California dan Meksiko Utara. Tanaman, bagian dari keluarga Hydrophyllaceae, tumbuh berkelompok dan tingginya sekitar 3 kaki (1 m). Batang halus dan daun kuning tebal ditutupi dengan resin, dan tanaman memiliki bunga biru yang mengelompok bersama dalam kelompok enam hingga 10. Panjang daunnya 2–5 inci (5–12 cm).

Tanaman ini mengandung chrysocriol, eridonel, eriodictyol, asam format, glukosa, gliserida asam lemak, homoeriodictyol, resin, asam tanat, tanin, minyak atsiri, dan zanthoeridol. Daun harus dikumpulkan di musim semi dan awal musim panas. Lentera Joomla

Tanaman Yerba Santa

Penggunaan umum

Yerba santa, yang secara harfiah berarti ramuan suci dalam bahasa Spanyol, telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai penyakit, seperti bronkitis, pilek, batuk, diare, dan sakit perut. Orang Spanyol mengetahui nilai obatnya melalui penduduk asli Amerika, yang merokok atau membuat infus yerba santa. Ramuan yang juga dikenal sebagai bear's weed, consumtive's weed, gum bush, dan mountain balm ini masih digunakan terutama untuk mengatasi sesak napas, baik dari asma akut, pilek, maupun batuk. Yerba santa juga telah ditemukan efektif untuk sejumlah gejala, termasuk gangguan pencernaan dan kelelahan. Bila digunakan secara eksternal untuk memar, gigitan nyamuk, atau keseleo, yerba santa dapat digunakan sebagai tapal. Ramuan ini juga digunakan sebagai tonik untuk membersihkan darah, mengencangkan sistem saraf, merangsang pikiran, dan mengendalikan nafsu makan. Hal ini juga diyakini untuk meningkatkan aksi herbal lain bila digunakan dalam kombinasi. Rasanya manis, sedikit pahit.

Kondisi pernapasan

Yerba santa terkenal karena penggunaannya dalam kondisi pernapasan, terutama ketika ada banyak lendir yang menempel di tubuh. Ini dianggap sebagai salah satu dekongestan terbaik, bekerja sebagai ekspektoran dengan memecah lendir kental dan memfasilitasi pengusirannya dari tubuh. Lentera Untuk pilek dan batuk akut dengan saluran pernapasan bagian atas dan hidung tersumbat, yerba santa sangat membantu. Sebagai pelemas otot, yerba santa bekerja dengan baik untuk penderita asma karena melebarkan saluran bronkial dan memungkinkan udara mengalir lebih mudah ke paru-paru. Untuk asma, yerba santa sering dihisap dalam pipa, misalnya.

Penyakit akut

Pada awal pilek, terutama ketika ada batuk atau iritasi bronkus, yerba santa dapat menghilangkan atau setidaknya meringankan gejalanya. Bantuan pencernaan Sebagai sialagogue, zat yang meningkatkan air liur, yerba santa membantu pencernaan. Produksi air liur yang berlebih membantu proses pencernaan dan dapat meringankan masalah pencernaan. Kelelahan Karena yerba santa adalah stimulan, ia mengurangi kelelahan dan mengekang nafsu makan. Kondisi kulit Tapal yerba santa harus dioleskan pada memar, gigitan serangga, keseleo, dan luka. Persiapan Untuk infus yerba santa, ambil 1 sdm daun segar atau kering ke 1 c air mendidih dan biarkan curam selama 10 menit. Jika tingtur diambil, maka satu dosis harus dari 10-30 tetes, diminum empat kali sehari. Jika daun kering digunakan, maka tingtur paling baik dengan basis alkohol. Tindakan pencegahan Yerba santa tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil atau menyusui. Ini juga merupakan ramuan yang tidak boleh digunakan oleh orang yang menderita gangguan pencernaan kronis. Sebagai stimulan, itu juga harus digunakan hemat oleh mereka yang memiliki gangguan tidur atau serangan insomnia. Efek samping Sebagai stimulan, yerba santa dapat menyebabkan sulit tidur dan menyebabkan kurang nafsu makan. Interaksi Ketika diambil secara internal, sebagai infus, tingtur, atau dalam bentuk kapsul, ketahuilah bahwa yerba santa dapat mempengaruhi bagaimana zat besi dan mineral lainnya diserap ke dalam tubuh. Mereka yang cenderung kekurangan zat besi mungkin ingin melengkapi makanan mereka dengan zat besi saat mengonsumsi yerba santa. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan lainnya sebelum mencoba mengobati sendiri.

Source: Tanaman Yerba Santa