Manfaat Tidur Siang

Tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik. Karena banyak penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis, beberapa perusahaan seperti Google, Nike, AOL atau The New York Times memberikan waktu kepada karyawannya agar mereka dapat tidur siang di kantor dengan kenyamanan maksimal. Arudam

Selanjutnya kita akan menemukan dengan tepat apa saja dua efek menguntungkan dari tidur siang untuk kesehatan mental kita.

1. Tingkatkan memori

Universitas Haifa (Israel) dan Laboratorium Tidur Pusat Medis Sheba (Tel Aviv) telah menunjukkan bahwa tidur siang membawa manfaat bagi ingatan . Studi ini, bekerja sama dengan peneliti dari Departemen Psikologi di University of Montreal (Kanada), menyimpulkan bahwa tidur siang memiliki peran penting dalam konsolidasi memori dan pembelajaran .

2. Tingkatkan kemampuan Anda untuk belajar

Melengkapi efek positif pada memori Anda, tidur siang juga memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk belajar. University of California memberikan bukti bahwa dengan mengistirahatkan pikiran kita saat tidur siang, kita membantu otak kita untuk mempelajari lebih banyak hal setelah bangun tidur .

Sejalan dengan itu, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan Universitas New York menemukan bahwa tidur siang sebentar dapat meningkatkan memori dan pembelajaran, tetapi juga memiliki efek positif pada suasana hati .

3. Tidur siang dan bekerja lebih baik

Menurut penelitian NASA, tidur siang meningkatkan kewaspadaan, kinerja, mengurangi kesalahan dan kecelakaan di tempat kerja. Dalam penelitian yang dilakukan pada pilot dan astronotnya, ditemukan bahwa tidur siang selama 26 menit mampu meningkatkan kinerja hingga 35% dan kewaspadaan hingga 55%.

Jika "tunda" adalah 40 menit, ini meningkatkan kewaspadaan hingga 100%. Perhatian dan waktu reaksi juga tampaknya mendapat manfaat dari tidur siang menurut sebuah studi oleh Kimberly Cote, seorang profesor dan neuropsikolog di Brock University. Menurut penelitian mereka, orang yang tidak memanfaatkan "momen relaksasi" ini mungkin merasa lebih lelah, memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk membuat keputusan yang buruk dan memiliki risiko lebih tinggi mengalami kecelakaan terkait pekerjaan . Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan pada periode segera setelah tidur siang, dan keadaan ini dapat berlangsung hingga beberapa jam kemudian di siang hari.

Beberapa tips untuk tidur siang yang baik

Yang ideal adalah tidur siang sebentar, sekitar 20 atau 30 menit. Kali ini cukup untuk mendapatkan manfaat dari kewaspadaan yang lebih baik dan peningkatan kinerja tanpa merasa pusing.

Untuk mencegah tidur siang mempengaruhi pola tidur di malam hari dan untuk menghindari komplikasi tidur di malam hari, sebaiknya tidur siang tidak terlalu siang.

Menjaga lingkungan saat tidur siang akan sangat mempengaruhi momen istirahat dan kemampuan untuk tertidur.

Untuk memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya, Anda harus mencari tempat yang nyaman, dengan sedikit cahaya, tanpa kebisingan, dan dengan suhu yang menyenangkan.

Source: Manfaat Tidur Siang