Mengatasi Suasana Hati Buruk

Suasana hati yang buruk mampu menyerang siapa saja pada satu titik atau lainnya. 'Mantra' yang tampaknya tidak dapat dijelaskan ini yang menyerang sikap positif kita dapat merusak satu hari penuh. Ketika Anda sedang murung sepertinya tidak ada yang berjalan dengan baik.

Penting untuk mengenali suasana hati ini ketika mereka menyerang sehingga Anda dapat mengambil tindakan korektif yang diperlukan. Dengan menangkap kembali sikap positif Anda yang hilang, Anda dapat sekali lagi membuat pilihan sosial yang tepat dan keputusan bisnis yang sukses. Dikutip dari Lentera Online

1. Fokus pada Sesuatu yang Anda Nikmati

Cara tercepat untuk melakukan ini adalah melibatkan diri Anda dalam aktivitas yang membawa Anda kebahagiaan. Baik itu permainan, membaca, atau berbicara dengan teman dekat, Anda ingin membalikkan perasaan negatif yang menumpuk di dalam diri Anda.

Semakin lama perasaan ini bertahan, semakin banyak kerusakan yang dapat mereka lakukan dan semakin sulit untuk mengalahkannya jika dibiarkan berakar.

2. Lepaskan Perasaan Negatif

Ini mungkin tidak selalu mudah dilakukan, tetapi melepaskan perasaan yang menyeret Anda ke bawah umumnya akan memberikan dorongan positif pada pandangan Anda.

Faktanya di sini adalah semakin Anda secara tidak sadar memikirkan sumber suasana hati negatif Anda, semakin besar jadinya.

Pendekatan sederhana di sini adalah memahami seberapa besar Anda menderita atau kehilangan dengan membiarkan perasaan ini tetap bersama Anda. Putuskan untuk tidak membiarkan mereka mendikte jalannya hari Anda atau hubungan Anda dengan orang lain yang berarti bagi Anda.

3. Latihan

Dengan berolahraga Anda mendapatkan dua manfaat langsung. Pertama, fokus Anda sekarang tertuju pada latihan itu sendiri yang akan meminimalkan suasana hati negatif yang telah ditanamkan oleh proses pemikiran Anda sebelumnya dalam diri Anda. Dengan meningkatkan aliran oksigen ke otak, yang akan dilakukan oleh olahraga untuk Anda, Anda dapat berpikir lebih jernih.

Kedua, berolahraga akan membuat Anda merasa jauh lebih baik secara fisik dan bahkan secara medis akan meningkatkan kesehatan Anda.

4. Identifikasi Sumber Mood Buruk Anda

Renungkan apa yang telah meredam semangat Anda dan membuat Anda murung. Kemungkinan Anda akan menyimpulkan bahwa sumbernya TIDAK sebanding dengan kecemasan yang ditimbulkannya. Anda mungkin juga menyadari bahwa mungkin kemampuan Anda untuk mengatasi sumber suasana hati yang buruk sedang dihambat oleh suasana hati yang buruk itu sendiri.

Untuk berpikir jernih dan mampu memecahkan masalah, pikiran Anda tidak dapat dipenuhi dengan hal-hal negatif atau emosi. Ini hanya akan menguras energi Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari fokus pada hal-hal penting.

5. Bersikap Baik

Pernah melakukan sesuatu ketika setelah Anda memikirkannya Anda menyesal melakukannya di tempat pertama? Menyadari itu salah atau tidak perlu mungkin membuat Anda merasa buruk bukan?

Nah, pikirkan kebalikannya di sini dan secara sadar buat titik untuk melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang tanpa niat untuk dibalas. Kata-kata penyemangat, pujian, bantuan yang tidak diminta, atau bahkan melakukan pekerjaan sukarela semuanya dapat membuat Anda merasa lebih 'manusiawi' dan membantu 'melekatkan kembali' Anda kepada orang lain dengan cara yang positif.

Mampu mengenali suasana hati yang buruk sejak dini memungkinkan Anda mengatasi emosi negatif yang mengancam hari Anda. Mengambil langkah-langkah proaktif seperti yang disebutkan di atas memungkinkan Anda untuk memulihkan aliran pikiran positif sehingga mengoreksi pola pikir yang merusak diri sendiri. Perubahan suasana hati adalah bagian alami dari siklus emosional kita dan dapat diubah oleh Anda dalam keadaan normal.

Penting untuk mengambil tindakan korektif ketika Anda mengidentifikasi penilaian Anda dipengaruhi oleh emosi dan perasaan negatif. Dengan memperoleh kembali sikap positif yang sehat, Anda akan lebih mudah berinteraksi di tingkat sosial.

Selain itu, kemampuan untuk membuat keputusan bisnis yang sukses juga meningkat sekarang karena Anda berpikir lebih jernih daripada bereaksi secara emosional. Adalah tanggung jawab Anda untuk mengambil tindakan aktif yang bisa menjadi perbedaan antara hari yang baik atau hari yang terlupakan!

Source: Mengatasi Suasana Hati Buruk