Sering Salah Kaprah, Begini Fakta Desinfektan yang Belum Banyak Diketahui

Istilah disinfektan rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Ya, istilah ini semakin banyak diperbincangkan masyarakat pada munculnya pandemi COVID-19.

Fakta Desinfektan yang Belum Banyak Diketahui

Namun, ada beberapa fakta yang ternyata masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, yaitu sebagai berikut:

Disinfektan Umumnya Memiliki Sifat yang Keras

Fakta pertama yang perlu Anda ketahui adalah disinfektan umumnya memiliki sifat yang sangat keras. Bahan kimia yang satu ini sangat tidak dianjurkan digunakan pada makhluk hidup karena memiliki sifat merusak. Dari mulai uapnya hingga cairannya, disinfektan bisa merusak organ tubuh manusia.

Disinfektan sangat mudah menguap dan bisa saja masuk ke paru-paru sehingga lama-kelamaan akan rusak. Kulit pun juga demikian, bisa rusak karena terkena cairan desinfektan ini. Bahkan desinfektan juga sering disemprotkan ke arah muka padahal sangat berbahaya pada mata.

Disinfektan Tidak Hanya Membunuh Virus Corona Saja

Pada pandemi kali ini memang masyarakat awam menjadi mengenal apa itu disinfektan. Namun perkenalannya hanya sebatas dapat membunuh virus corona saja. Faktanya, disinfektan tidak hanya dapat membunuh virus corona saja melainkan berbagai jenis mikroba.

Desinfektan dapat membunuh bakteri maupun virus sehingga tidak membahayakan tubuh. Itulah sebabnya disinfektan banyak digunakan pada masa pandemi ini.

Disinfektan Berbeda dengan Antiseptik

Fakta yang berikutnya adalah, disinfektan merupakan cairan yang berbeda dengan antiseptik. Walaupun pada dasarnya sama yaitu sama-sama membunuh berbagai jenis mikroba keduanya memiliki kegunaan yang berbeda.

Antiseptik digunakan untuk makhluk hidup karena sifatnya yang tidak terlalu keras seperti disinfektan. Sedangkan disinfektan adalah cairan pembersih yang digunakan untuk membunuh mikroba pada benda mati.

Disinfektan dari Dulu Sudah Banyak Berada di Sekitar Kita

Fakta terakhir, disinfektan sudah ada sejak dahulu dan berada dis sekitar kita. Cairan pemutih baju, cairan pembersih lantai, dan lain-lain termasuk disinfektan.

Nah itu dia beberapa fakta yang harus diketahui mengenai disinfektan. Ya, adanya pandemi COVID-19 ini tak jarang membuat masyarakat gagap dan tidak hati-hati. Padahal penggunaan disinfektan yang salah dapat menyebabkan masalah yang sangat fatal.

Disinfektan adalah cairan kimia yang digunakan untuk membunuh virus dan bakteri menggunakan senyawa khusus yang dapat membunuh virus dengan waktu yang sangat singkat. Sebaiknya gunakan jasa semprot disinfektan agar aman.

Dan pastikan memilih jasa disinfektan dengan harga wajar yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas chemical disinfektan yang digunakan.

Fakta Desinfektan yang Belum Banyak Diketahui