Apa itu Streaming?

Apa itu Streaming? Pada dasarnya Streaming merupakan sebuah transmisi terus menerus atau berkelanjutan atau juga disebut transmisi unduhan langsung. Istilah streaming berasal dari bahasa Inggris stream (“jet” atau “stream”) dan mengacu pada transmisi konten audiovisual tanpa gangguan.

Dengan demikian transmisi streaming adalah metode  distribusi konten  multimedia (audiovisual) melalui jaringan komputer, yang mentransmisikan konten pada saat dikonsumsi, tanpa harus diunduh dan disimpan terlebih dahulu.

Untuk mengakses jenis layanan ini , Anda memerlukan koneksi internet dan satu atau lebih perangkat yang mampu memutar audio dan video , seperti smart TV, tablet, smartphone , atau komputer . Oleh karena itu, keberhasilan  teknologi ini berjalan seiring dengan peningkatan konsumsi perangkat jenis ini, dan peningkatan kapasitas transmisi data nirkabel (4G dan 5G).

Prinsip dasar transmisi dengan streaming bukanlah hal baru, pada awal 1920 sistem musik latar Muzak yang ditemukan oleh tentara Amerika George Owen Squier (1865-1934) dioperasikan berdasarkan transmisi impuls listrik yang terus menerus, tetapi teknologi itu kemudian tidak mengizinkan penggunaannya; setidaknya tidak dalam istilah yang akhirnya terjadi pada 1990-an.

Streaming menjadi terkenal di kalangan massa pada tahun 1994, berkat konser band rock Inggris The Rolling Stones, yang pada tanggal 18 November menyiarkan langsung cuplikan 20 menit dari konser mereka di Dallas, Amerika Serikat, sebagai bagian dari promosi pembayaran- layanan konten per tampilan dari jaringan Showtime.  Siaran ini dimungkinkan oleh teknologi Multicast Bone (MBone), yang diciptakan pada tahun 1992 untuk menyiarkan konferensi akademik.

Kemudian, pada tahun 1995, RealAudio 1.0 muncul, format audio yang memfasilitasi dan meringankan streaming  audio melalui Internet, yang memiliki dampak besar pada telekomunikasi digital dan menunjukkan keunggulan sistem buffering atau penyimpanan sementara konten untuk transmisinya. .

Namun, kemampuan sebenarnya dari teknologi ini berhasil diuji berkat jejaring sosial YouTube, yang muncul pada tahun 2005 dan didedikasikan untuk mentransmisikan konten audiovisual melalui Internet . Pada tahun-tahun berikutnya, raksasa industri hiburan streaming muncul, baik di televisi dan film, serta di video game, radio online , dan podcast.

Jenis streaming

Transmisi melalui streaming dapat diklasifikasikan menurut jenis informasi yang dikonsumsi di:

  • Streaming Audio. Memungkinkan Anda mendengarkan radio dan program yang direkam (podcast) melalui Internet. Mereka juga dapat melakukan panggilan telepon dan mengirimkan pesan audio.
  • Streaming video. Ini memungkinkan Anda untuk menerima aliran gambar bergerak yang berkelanjutan, seperti umpan dari kamera keamanan di toko, atau semacam rekaman dokumenter atau ilmiah.
  • Streaming konten audiovisual. Ini memungkinkan konsumsi konten audio dan video terintegrasi, seperti serial, film, konferensi video, panggilan video, dan lainnya.
  • Streaming video game. Ini memungkinkan pengunduhan data yang diperlukan untuk bermain dengan cepat dan online, biasanya setelah menginstal sebagian perangkat lunak yang diperlukan untuk bermain di komputer atau di konsol video game. Dalam kasus lain, ini mengacu pada pemasangan online game baru langsung di perangkat, tanpa perlu mengunduh dan memproses selanjutnya.

Platform streaming paling populer

Beberapa platform paling populer untuk menjual konten melalui siaran langsung atau streaming adalah sebagai berikut:

  • YouTube
  • Netflix
  • Disney+
  • Vimeo
  • HBOmax
  • Streaming Awan Google

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian streaming, cara kerjanya, dan jenis apa yang ada. Selain itu, sejarahnya dan platform mana yang paling populer.

sumber: Pengertian Streaming, Sejarah, Jenis dan Cara Kerjanya

Source: Apa itu Streaming?