Hal Produktif Yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

Hal Produktif Setelah Lulus Kuliah

Apakah saat ini Anda baru saja lulus dari kuliah? Jika iya, pasti saat ini Anda tengah bingung dalam menentukan langkah selanjutnya apa saja yang harus diambil. Melihat teman se-angkatan yang sudah mulai terjun ke dunia pekerjaan sementara Anda sebaliknya, sama sekali belum memiliki pekerjaan pastinya sudah menjadi beban tersendiri. Sebab, mencari pekerjaan itu cukup sulit apalagi pekerjaan itu tidak disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Tidak perlu khawatir, saat ini Anda tidak sendiri. karena kebanyakan mereka yang baru saja lulus kuliah juga pernah mengalami hal yang sama ini. Pasalnya, Anda jangan sampai salah dalam mengambil langkah, sebab langkah yang dipilih berikutnya akan mempengaruhi perkembangan karir kehidupan Anda di masa yang akan mendatang. Jadi, disini Anda perlu memikirkan hal tersebut dengan bijak “apa yang baik untuk diri saya”, jadi tidak hanya mengikuti pencapaian orang lain.

Pasalnya, disini ada dua pertimbangan, biasanya yang sering menjadi beban yakni “mencari pekerjaan dulu” atau “membuka lapangan kerja/menjadi karyawan” saja? Dalam membantu menemukan jawaban seperti ini, mungkin ada beberapa saran dibawah yang bisa menjadi solusi untuk Anda dalam memilih jalan sesudah lulus dari pendidikan tinggi.

Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

1. Mencari Pekerjaan Sesuai Minat Dan Keahlian

Mungkin ini adalah mimpi yang hampir semua mahasiswa mahasiswi lulusan universitas adalah bisa diterima bekerja di perusahaan multinasional. Ya tentu saja dong, selain karena bisa memperoleh gaji dengan bayaran besar juga, Anda bisa merasakan sistem kerja yang dapat membuat diri untuk terus lebih berkembang. Perlu diketahui bahwa, supaya bisa menembus perusahaan tipe skala nasional disini tentunya kita butuh resume yang bagus.

Sesudah lulus, cobalah membuat resume terbaik kemudian carilah pekerjaan yang relevan dengan bidang kuliah ataupun keahlian yang Anda miliki. Jangan sampai buat awal karir Anda jelek karena sudah merasa terjebak dalam suatu pekerjaan yang salah. Bukan suatu masalah yang besar apabila Anda harus bergabung bersama perusahaan kecil terlebih dahulu, yang penting disini dapatkan pengalaman bekerja.

2. Gap Year

Apabila sekarang ini Anda sudah merasa mencapai target sendiri dengan kata “lulus” saja, mungkin gap year ini bisa menjadi suatu pilihan yang bisa dicoba. Gap year merupakan istilah yang umum dipakai untuk para lulusan sekolah SMK/SMA ataupun universitas untuk tidak meneruskan study-nya lagi maupun bekerja. Mungkin bisa saja hanya ingin beristirahat di rumah untuk sementara waktu.

Isitilah Gap year seringkali terlihat seperti istilah untuk orang yang menganggur, tapi beberapa orang memaknai gap year ini merupakan pilihan yang baik, terutama bagi mereka yang merasa selesai berjuang atau menghadapi fase-fase terberat selama berada di lingkungan perkuliahan. Jadi, mereka sedikit membutuhkan waktu dalam mengembalikan rasa semangat dan memikirkan perencanaan untuk masa depan.

3. Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Selanjutnya

Apabila pekerjaan bukan target tujuan Anda, tapi finansial keuangan keluarga terbilang aman, maka boleh saja Anda memilih untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi setelah menyelesaikan gelar sarjana. Tidak melulu mengikuti dengan gelar pertama Anda, mencoba sesuatu yang belum pernah Anda coba juga merupakan hal yang baik, contohnya mau mengambil jurusan sesuai minat. Maka ini sah-sah saja untuk dicoba.

Akan tetapi, disini Anda juga harus perlu mempertimbangkan berapa lamanya proses menempuh pendidikan tersebut. Pasalnya, pengalaman Anda ketika memasuki dunia kerja yang nyata nantinya akan tersita. Akibatnya setelah lulus dari pendidikan tinggi nanti tetap saja Anda termasuk golongan kategori fresh graduate, artinya gaji yang akan diperoleh nantinya akan sama dengan mereka yang mempunyai gelar di bawah Anda.

Mungkin saja bagi Anda yang mengambil keputusan ini, memilih berkarir sebagai peneliti atau bisa juga pengajar akan lebih cocok. Anda tidak perlu dituntut untuk  mempunyai pengalaman di dunia nyata, cukup bermodalkan karya-karya tulis terbaik buatan Anda, hal ini dapat mengantarkan Anda ke jenjang tingkat yang lebih tinggi lagi.

4. Menjadi Pekerja Lepas

Apabila belum mau menghabiskan waktu bekerja, namun tidak mau menganggur, pilihan pekerja lepas adalah alternatif yang bisa dicoba. Setelah menyelesaikan pendidikan, pastinya Anda memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. Coba pikirkan kembali, apa saja kemampuan dan kelebihan yang Anda miliki sehingga bisa dijual kepada orang lain?

Ada banyak para lulusan universitas yang bekerja sebagai fotografer atau menjadi desainer lepas, baik untuk usaha kecil-kecilan, menengah maupun skala besar. Selain memperoleh pengalaman kerja, Anda juga memiliki kesempatan untuk memperluas area jejaring sosial di dunia kerja. Anda bisa membentuk “nama” dan  juga “kredibilitas” selama berprofesi sebagai pekerja lepas.

Penutup

Itulah artikel yang kami sajikan kepada pembaca mengenai hal yang bisa dilakukan ketika lulus kuliah. Jika saat ini Anda sudah lulus, maka lebih baik tentukan hal tersebut mulai dari sekarang juga, mencari pekerjaan atau melanjutkan study lagi. Terima kasih.

 

Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *