5 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Ramah Lingkungan di Perkotaan

Gaya Hidup Sehat di Perkotaan

Pernahkah terpikir bahwa betapa sangat pentingnya kita dalam merawat dan juga menjaga kelestarian alam tempat kita tinggal ini? Kalau kita melihat kembali persoalan mengenai sampah organik dan non organik, meningkatnya kandungan karbon dan CO2, hingga berkurangnya kadar air pada tanah di bumi ini, terbayang bagaimana sudah keadaan bumi di masa yang akan mendatang nanti.

Kita pastinya menginginkan sekali bumi yang indah serta juga nyaman untuk kita tinggali bersama bukan? Nah, cara melestarikan bumi yakni dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

 Tips Mudah Gaya Hidup Yang Ramah Lingkungan di Perkotaan

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, Anda juga dapat berpartisipasi loh dalam pelestarian Bumi ini. Karena ini adalah tanggung jawab bersama.

Yuk, mulai dari hal-hal kecil dan mulai dari dirimu terlebih dahulu. Dan yang paling penting adalah memulai sekarang, jangan menunda lagi. Mari kita lihat bersama beberapa tips mudah untuk menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan dibawah ini:

1.  Mengurangi Sampah Plastik

Tahukah Anda bahwa plastik membutuhkan ribuan tahun untuk terurai. Dapat dibayangkan apa yang terjadi apabila kita terus menggunakan plastik maka hal ini bisa membuat bumi penuh dengan tumpukan sampah plastik

Berdasarkan data valid dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2019, jumlah limbah plastik di Negara Indonesia sudah mencapai 7,2 ton. Wow, tidak bisa dibanyangkan, menurutnya bagaimana?

Jadi, alangkah lebih baiknya meminimalkan limbah plastik. Tentu saja dengan mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai alternatif gunakan tas kain saat berbelanja untuk mengurangi kantong plastik. Biasakan membawa botol minum, sedotan, dan peralatan makan Anda sendiri dari rumah.

Ini untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai yang umumnya diberikan ketika kita membeli makanan dan minuman di luar rumah. Mungkin pada awalnya merepotkan, ya. Tetapi percaya dampaknya akan terasa sangat besar bagi lingkungan kita.

 2. Hemat Penggunaan Listrik Dan Air

Seringkali kita tidak menyadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari ada banyak energi listrik yang kita buang begitu saja meskipun kita dapat menghemat energi untuk menjaga bumi ini. Mulai dari hal-hal kecil, misalnya: matikan lampu saat tidak dipakai atau saat kita tidur.

Kami menyarankan Anda memilih lampu LED, karena watt lampu LED lebih rendah dari lampu biasa. Selain itu lampu LED juga lebih tahan lama dan lampunya lebih cerah.

Begitu juga dengan penggunaan air. Mengingat kondisi air tanah yang semakin menurun, kita harus bijaksana untuk menggunakannya. Matikan keran saat tidak diperlukan dan gunakan pengeluaran air secara hemat, jangan boros dalam pemakaian air.

3. Mengurangi Sampah Kertas

Mengapa kita harus mengurangi limbah kertas? Karena kertas terbuat dari pohon, artinya apabila lebih banyak pemakaian kertas yang kita gunakan, maka semakin banyak pula pohon yang akan ditebang nantinya.

Sehingga pohon-pohon di hutan masih bisa berkelanjutan kelestariannya demi menjaga keseimbangan bumi, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mengurangi penggunaan kertas. Sebenarnya di era digital seperti sekarang kita sangat dimudahkan untuk dapat menghemat kertas.

Misalnya, gunakan catatan digital dibandingkan dengan menggunakan buku biasa, baca e-book, atau membuat softcopy dibandingkan dengan hardcopy.

4. Hindari Membuang Makanan (boros)

Buang makanan sama dengan melemparkan uang. Sementara ada orang di luar sana masih banyak  yang membutuhkan makanan untuk keberlangsungan hidup mereka.Menurut data menunjukkan bahwa satu orang warga negara Indonesia membuang makanan sekitar 300 kg per tahunnya.

Bayangkan berapa banyak ton makanan yang dibuang per tahun di Indonesia? Limbah makanan ternyata ini dapat meningkatkan kadar CO2 di udara, yang tentu saja akan berdampak negatif pada kualitas udara yang kita hirup nantinya.

Karena itu alangkah baiknya hindari membuang makanan. membeli makanan dalam kadar secukupnya saja untuk menghindari makanan busuk akibat terlalu lama disimpan. Saat makan di luar, hindari mata lapar yang bisa membuat Anda membeli makanan dengan jumlah terlalu banyak tetapi sebagian terbuang.

Untuk makanan yang telah mendekati tanggal kadaluarsa, alangkah lebih baiknya tidak perlu terburu-buru membuangnya apabila makanan masih dalam kondisi baik.

Tanggal kedaluwarsa tidak berarti makanan harus dibuang, itu menunjukkan bila apakah makanan tidak dalam kondisi terbaik. Oleh karena itu jika telah memasuki tanggal kadaluarsa makanan harus cepat dikonsumsi sebelum basi atau busuk.

5. Kurangi Konsumsi Daging

Berdasarkan data valid dari PBB, sektor ternak menghasilkan sejumlah besar gas rumah kaca, yaitu 65% dari kadar oksida nitrat yang meningkat C02.

Ini dapat menghasilkan peningkatan pemanasan global yang tinggi. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita bisa mengurangi konsumsi daging, dan beralih ke biji-bijian yang dilengkapi dengan buah-buahan dan juga sayuran. Dengan demikian kadar karbon CO2 akan berkurang.

Penutup

Demikian artikel yang sudah kami tulis mengenai tips gaya hidup ramah lingkungan di perkotaan. Anda bisa menerapkan beberapa tips diatas untuk menjaga bumi kita, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

 

Tips Gaya Hidup Sehat di Perkotaan

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *